GGDC Kuliner: Entok Slenget Kang Tanir

592
Gambar Entok slenget kang Tanir

GULANGGULING.com – Yuhuu, mari blusukan lagi! Jalan-jalan, makan-makan, blusuk-blusuk itu salah satu kepentingan yang bertujuan menyegarkan fisik dan pikiran, dan terutama perut. Kali ini mari kita menuju daerah utara Jogja, yaitu menuju daerah Turi. Nah, ada apa di Turi?

Kuliner mblusuk yang sedang naik daun ini adalah olahan daging entok. Nama masakannya entok slenget, empunya warung ditengarai bernama kang Tanir, jadilah kuliner ini terkenal dengan nama “Entok Slenget Kang Tanir”. Sebenarnya ada beberapa warung entok slenget serupa yang bertebaran di daerah ini. Namun entok slenget kang Tanir ini rupanya yang paling dicari-cari penggemar kuliner. Konon katanya, olahan entok slenget di warung inilah yang dinilai paling mak nyus.

Apa sih itu entok slenget? Slenget dalam bahasa jawa berarti panas, dislenget artinya dipanaskan. Hidangan ini memang enak dinikmati dalam keadaan panas. Hidangan ini sebenarnya (menurut saya) menyerupai tongseng, hanya saja bahan baku yang digunakan adalah daging entok. Disuguhkan bersama potongan kubis dan timun segar, semakin membuat cita rasanya mak nyuss. Pada dasarnya hidangan ini disajikan dengan tingkat kepedasan yang wajar. Nah, kalau Anda adalah penggemar pedas, don’t worry be happy, tinggal request saja, entok slenget akan disesuaikan menurut selera kepedasan Anda.

penampakan entok slenget
penampakan entok slenget

Seporsi entok slenget plus nasi dan minum dihargai IDR 20,000 (Agustus 2015). Harga yang cukup terjangkau untuk sepiring kelezatan. Selain entok slenget, warung ini juga menyediakan tengkleng entok. Hidangan ini berisi tulangan entok yang diolah dengan bumbu yang kurang lebih sama.

Lalu bagaimana caranya menuju warung ini? Rute yang mudah bisa dimulai dari Jalan Palagan Tentara Pelajar ke utara hingga sampai km 17 yakni perempatan Turi. Di perempatan tersebut ambil jalan ke barat menuju Turi. Warung yang menjajakan sajian entok slenget ini terletak di pinggir jalan raya besar, timur jembatan Sempor, sekitar 200 Meter dari kantor Polsek Turi. Atau lebih jelasnya, Anda bisa menggunakan maps. Kalau masih belum ketemu juga, tanyalah pada warga sekitar.

Warung entok slenget kang Tanir buka mulai pukul 16.30 WIB. Sebaiknya jangan sampai terlalu petang jika ingin menikmati hidangan ini. Karena biasanya setelah pukul 19.00 sudah dipasang tanda habis. Jadi buruan kemari dan buktikan sendiri rasa lezatnya.

Baca Topik Jalan-jalan lainnya:

Incoming search terms:

resep entok slenget.  

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY