Tidak Sekedar Menggambar

79
Gambar Alat Lukis

Menggambar, adalah salah satu bentuk kegiatan seni. Seni lukis termasuk menggambar dan mewarnai, jika dipelajari mendalam tentu banyak sekali tekniknya. Namun pada anak-anak apakah menggambar hanya sekedar kegiatan biasa?

Ternyata jawabannya: tidak. Menggambar, termasuk mewarnai adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Pada anak usia dini, mengambar dikenalkan sebagai salah satu kegiatan yang dapat melatih motorik anak. Baik motorik kasar dan halusnya. Selain itu, menggambar juga rupanya menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri anak. Menggambar juga melatih koordinasi mata dan tangan, karena pada dasarnya menggambar adalah belajar berkomunikasi, komunikasi lewat bahasa visual atau lewat gambaran yang ditangkap oleh mata. Hal ini termasuk melatih kepekaan anak mengenal dan mengolah warna.

Menggambar juga bisa melatih daya konsentrasi anak. Pada umumnya anak, terutama pada usia dini adalah makhluk yang sangat sulit untuk duduk diam. Dengan menggambar, anak akan belajar untuk fokus pada kegiatannya. Mungkin pada awalnya anak masih banyak terdistraksi, namun seiring waktu, kemampuan konstentrasinya akan bertambah baik.

Menggambar adalah sarana anak mengekspersikan diri. Bukan soal bagus atau tidak hasil gambar anak, namun apa yang digambarnya. Dari hasil gambar anak, kita bisa meraba karakter anak. Lebih jauh lagi, menggambar dapat digunakan sebagai sarana terapi pada anak.  Kegiatan belajar dari pagi hari tidak jarang membuat anak lelah. Menggambar dan mewarnai dapat menenangkan stres dan rasa lelah pada anak.

Manfaat menggambar yang terakhir adalah meningkatkan kepercayaan diri anak, kemandirian dan kemampuan untuk menemukan solusi dan menyelesaikan masalah. Anak akan mempunyai keyakinan pada dirinya sendiri. Percaya diri untuk berekspresi kreatif sesuai gayanya dan percaya diri untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Dengan adanya rasa percaya diri ini anak juga akan belajar untuk dewasa dalam mengapresiasi ide, kritik, dan masukan.

Ternyata memang menggambar tidak hanya fun untuk anak. Namun banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Dengan mendampingi anak juga bisa mempererat bonding. Sebagai orang tua, kita bisa menjadikan menggambar sebagai jembatan untuk lebih mengenal anak.

Selamat menggambar!

Baca Topik lainnya:

Sumber:
https://artnestblog.wordpress.com/2012/06/18/latar-belakang-dan-manfaat-menggambar/
https://ainulluthfiyah.wordpress.com/2014/12/29/manfaat-menggambar-dan-mewarnai-bagi-perkembangan-balita/
http://health.detik.com/read/2015/06/16/183419/2944153/764/sepele-sih-tapi-menggambar-dan-mewarnai-punya-sejuta-manfaat-untuk-anak

3 COMMENTS

  1. Banyak sekali manfaat menggambar pada anak. Tidak hanya menimbulkan kreatifitas seninya tetapi juga membangun kepercayaan diri pada anak. Belajar menggambar sendiri bisa dikenalkan kepada anak sejak umur berapa ya?

    • Saya kira akan biak untuk memperkenalkan dunia menggambar pada anak selagi usia anak masih dini. Jadi tidak ada ketentuan umur minimal usia anak untuk belajar menggambar. Sekedar coreat-coret dan pegang alat tulis juga sudah bisa dikatakan belajar menggambar saya kira.
      Thanks for asking 🙂

LEAVE A REPLY