Mengapa Kita Memar?

Gambar orang lari via pixabay.com

GULANGGULING.com | Kesehatan – Pernahkan suatu kali Anda menemukan warna biru gelap atau kehitaman di kulit setelah terbentur atau terantuk sesuatu? Biasanya ini disebut memar atau lebam. Nah, mengapa bisa terjadi memar? 

Memar umumnya terjadi akibat benturan permukaan tubuh dengan benda yang relatif keras. Memar diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil di bawah permukaan kulit sehingga menyebabkan darah bocor ke jaringan di sekitarnya. Luka memar paling sering terjadi karena jatuh atau benturan.

Memar pada kulit biasanya menyebabkan rasa nyeri atau sakit, namun tidak berbahaya. Luka memar ini sendiri pada umumnya akan hilang dan membaik dalam hitungan hari. Ada beberapa cara untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan luka memar ini. Dikutip dari sebuah sumber, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memar yaitu:

  • Angkat atau tinggikan area tubuh yang memar; misalnya jika kaki Anda yang memar, maka Anda dapat berbaring sambil meninggikan posisi kaki di atas posisi tubuh.
  • Berikan kompres dingin atau es beberapa kali sehari pada satu atau dua hari pertama pasca cedera. Hal ini akan membantu mengurangi proses peradangan dan bertambah parahnya memar. Kompres hangat atau panas pasca cedera bisa memperparah kondisi, jadi sebaiknya dihindari.
  • Istirahatkan area memar; tidak perlu dipijat atau diurut, karena bisa memperburuk kondisi memar.

Selain memar ringan pada kulit yang biasa kita temui, ternyata ada beberapa jenis memar yang perlu untuk kita ketahui. Memar bisa terjadi pada area mata, dan disebut memar mata. Mata sendiri tidak benar-benar berubah menjadi ungu atau biru, hanya kulit di sekitar mata itulah yang berubah warna. Memar bisa juga terjadi pada area kuku, dan disebut memar kuku. Contohnya ketika tangan Anda terjepit pintu atau terpukul dengan palu. Kuku sendiri tidak memar, namun terjadi pendarahan di bawah kuku.

Jenis memar yang terakhir adalah memar otak (biasa disebut juga dengan istilah Gegar Otak).Terjadi ketika otak manusia terbentur sangat keras pada tengkorak, hal ini bisa menyebabkan memar. Orang yang mengalami pendarahan otak bisa pingsan atau hilang kesadaran dalam jangka waktu yang lama. Memar pada otak adalah jenis memar yang cukup berbahaya sehingga diperlukan penanganan medis yang cepat dan tepat.

Begitulah sekilas dua kilas tentang memar atau lebam yang dapat kami sarikan. Ingat untuk tidak panik dan selalu cepat tanggap dalam mengatasi luka memar dan luka lainnya.

pustaka: Google.com, http://catatan.legawa.com/2013/08/mengatasi-memar/

 

Incoming search terms:

cara mengobati luka memar pada kuku.  https://gulangguling com/2015/10/05/mengapa-kita-memar/.  obat memar karena kejepit.  jempol kaki kejatuhan benda berat.  obat kuku kena martil.  cara mengobati memar pada kuku kaki.  obat tradisional kuku kejepit.  jari tangan kena palu.  obat kuku kena palu.  jari kena palu.  kuku memar.  cara mengobati kuku kena palu.  cara menghilangkan memar di kuku.  menghilangkan memar biru.  cara mengobati darah beku akibat terjepit.  mengobati luka memar di kuku.  cara mengatasi memar tangan tergencet pintu.  cara menghilangkan darah beku di jari.  cara menghilangkan memar biru.  kaki tertimpa benda berat.  kuku kaki tertimpa benda berat.  obat kepukul palu.  cara mengobati jari kaki memar pada bayi.  Cara menyembuhkan jari yg nyeri ketiban benda.  cara menyembuhkan memar di dalam kuku kaki.  cara mengobati jempol kaki bengkak memar aboh.  cara menghilangkan warna biru dikuku.  cara mengatasi memar di je.  cara menghioangkan sakit saat jari tertimpa benda keras.  cara menghilangkan/menyembuhkan jari yg kegencet pintu mobil.  cara menghilangkan memar di kaki akibat tertindih.  cara menghilangkan sakit di kuku akibat kena palu.  cara menghilangkan nyeri jempol kaki tertimpa.  cara menghilangkan nyeri jempol kepentok sesuatu.  video cara menyembuhkan ibu jari kaki kena benda tumpul.  cara menghilangi sakit tangan kena catuk palu.  cara menghalingkan hitam pada kuku karna keinjej.  cara menggobati luka kena pukul martil di tanggan.  cara mengatasi luka lebam akibat kejepit.  Cara mengatasi kuku yang berubah warna ungu karna darah beku.  cara mengatasi kuku hitam kena hantam.  cara mengatasi jempol lebam.  Cara mengatasi jempol kaki yg bengkak dan membiru akibat main bola.  cara menangani jari tangan yg sakit akibat tertimpa sesuatu dan menjadi keras.  cara kuku ke palu.  cara kompres jari terjepit.  cara cepat menghilangkan lebam dan warna biru pada sekitar mata akibat benturan.  cara atasi jari yang kepukul palu.  cara alami mengobati kuku kaki yg lebam kena timpa benda berat.  bagainana mengobati kaki yg bengkak kena kursi.  

1 COMMENT

LEAVE A REPLY