Kenapa ada Hari AIDS dan Apa itu AIDS ?

76

GULANGGULING.com – Tanggal 1 Desember, diperingati Hari AIDS Sedunia. Mangapa AIDS perlu diperingati? AIDS perlu diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini pertama kali digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Dikutip dari wikipedia, hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di WHO (World Health Organization) di Geneva, Swiss. Bunn & Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global (UNAIDS). Dr. Mann menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Sebenarnya apa itu AIDS? Banyak dari masyarakat yang belum tahu benar mengenai ADIS dan virus HIV. AIDS adalah kependekan dari ‘Acquired Immune Deficiency Syndrome’. Acquired berarti didapat, bukan keturunan. Immune terkait dengan sistem kekebalan tubuh kita. Deficiency berarti kekurangan. Syndrome atau sindrom berarti penyakit dengan kumpulan gejala, bukan gejala tertentu. Jadi AIDS berarti kumpulan gejala akibat kekurangan atau kelemahan sistem kekebalan tubuh yang dibentuk setelah kita lahir.

Apa yang menyebabkan seseorang bisa terkena AIDS? AIDS disebabkan oleh virus HIV atau Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. HIV adalah jenis virus yang rapuh. Tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia. HIV bisa ditemukan di dalam cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Cairan yang dimaksud adalah cairan sperma, cairan vagina, cairan anus, darah, dan ASI. HIV tidak bisa menyebar melalui keringat atau urin.

Seseorang kemungkinan terinfeksi virus HIV, dan kemudian berkembang menjadi AIDS. Kita dapat tertular HIV dari seseorang yang sudah terinfeksi, walaupun orang itu tidak kelihatan sakit, bahkan dengan hasil tes HIV yang tidak positif. Darah, cairan vagina, cairan sperma, dan ASI seseorang yang terinfeksi HIV mengandung virus yang cukup untuk menularkan orang lain. Sebagian besar orang tertular HIV melalui:

  • hubungan seks dengan orang yang terinfeksi HIV
  • penggunaan jarum suntik bergantian dengan orang yang terinfeksi HIV
  • kelahiran oleh ibu yang terinfeksi, atau disusui oleh perempuan yang terinfeksi HIV

Di Indonesia, orang yang mempunyai penyakit ini disebut dengan ODHA atau Orang dengan HIV/AIDS. Hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan AIDS secara total. Namun obat yang diberikan pada orang yang mempunyai AIDS adalah obat untuk memperlambat pertumbuhan virus. Obat ini disebut obat anti retrovirus, atau ARV.

Dengan mengetahui lebih banyak mengenai AIDS, masyarakat diharaapkan untuk bisa menjaga diri menghindari pencetusnya. Hari AIDS sedunia dilaksanakan untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai adanya penyakit berbahaya ini. Dan juga untuk mengkampanyekan kepedulian terhadap ODHA. Sebagaimana kita tahu, dengan menjadi ODHA, tidak hanya sakit secara fisik, namun juga harus menanggung beban sosial dari masyarakat. Masyarakat diharapkan untuk bisa merangkul para ODHA dan bisa hidup berdampingan.

Ingat, JAUHI PENYAKITNYA, BUKAN ORANGNYA.

 

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_AIDS_Sedunia
http://spiritia.or.id/li/bacali.php?lino=101
http://www.alodokter.com/hiv-aids/
http://penyakithivaids.com/

LEAVE A REPLY