Penanganan Anak Tersiram Air Panas

618
Kesehatan via pixabay

GULANGGULING.com – Gulangguling kembali lagi dengan tips sehari-hari. Kali ini kami akan share mengenai apa yang haraus dilakukan apabila anak tidak sengaja terkena atau tersiram air panas. Berikut infografis yang bisa dicermati.kenaairpanas

Seperti yang bisa kita lihat, segera setelah terjadi kontak pada kulit anak, segera dinginkan area yang terkena luka bakar dengan air mengalir, paling tidak selama 10 menit. Hal ini untuk mencegah luka semakin parah, sekaligus mengurangi rasa sakit. Bila yang tersiram adalah bagian tubuh yang tertutup pakaian, siram langsung bagian tersebut. Setelah itu, baru buka pakaian balita dengan hati-hati. Bila ini sulit dilakukan, gunting saja pakaian atau celana yang dipakainya, lalu siram lagi bagian yang terluka itu dengan air dingin.

JANGAN mengoleskan pasta gigi, mentega, kecap, putih telur, atau lain-lain pada luka bakar. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut bisa saja meningkatkan resiko infeksi. Jaga area luka bakar tetap bersih dan kering.

Ada beberapa tingkatan derajat keparahan luka bakar yang harus kita ketahui bersama:

Luka bakar derajat 1: Luka bakar ini adalah luka bakar paling ringan, luka terbatas pada lapisan kulit paling luar. Tandanya: kemerahan, nyeri, sedikit bengkak, kulit kering tetapi tidak ada lepuh. Kulit di area yang terkena biasanya berubah pucat jika ditekan. Bisa sembuh sendiri dalam waktu 5-10 hari.

Luka bakar derajat 2: Luka bakar ini menyebabkan kerusakan kulit meliputi kulit paling luar (epidermis) dan sebagian kulit bagian dalam (dermis). Tandanya: reaksi radang lebih berat, kulit tampak berair disertai lepuh (gelembung berisi cairan). Area juga terasa nyeri sehingga anak akan menangis disebabkan iritasi ujung saraf. Permukaan area luka berwarna merah atau pucat, sering terletak lebih tinggi dari kulit normal. Waktu penyembuhan: pada luka bakar derajat dua yang dangkal, dapat sembuh sendiri dalam waktu 10-14 hari. Pada luka bakar derajat dua dalam, yaitu bila folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea terkena meski hanya sebagian kecil, penyembuhan menjadi lebih lama bisa mencapai satu bulan.

Luka bakar derajat 3: Luka bakar ini merupakan luka bakar yang paling berat dan mengenai seluruh lapisan kulit hingga jaringan di bawahnya. Tandanya: Tidak ada lagi lepuh dan anak tidak merasa nyeri karena ujung saraf rusak. Area kulit yang terkena berwarna abu-abu dan pucat, letaknya lebih rendah daripada kulit normal. Folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea ikut rusak. Penyembuhan tergantung keparahan. Pada yang parah, bisa dilakukan transplantasi kulit untuk menggantikan kulit yang hilang.

Kecelakaan yang menyebabkan luka bakar pada anak bukan saja hanya terkena air panas. Bisa saja secara tidak sengaja anak terciprat minyak panas ketika di dapur. Atau bisa saja anak terkena knalpot kendaraan yang masih panas. Penanganan pertama tetap dengan mengguyur bagian tubuh yang terkena luka bakar dengan air yang mengalir. Perhatikan pula tanda-tanda darurat pada anak, atau apabila timbul demam, atau apabila timbul peradangan pada luka bakar anak. Apabila dirasa perlu segera hubungi dokter.

Baca juga tips lainnya:

 

Sumber:
http://www.anakku.net/jika-anak-tersiram-air-panas.html
http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/menangani-anak-tersiram-air-panas
http://www.parenting.co.id/balita/penanganan+anak+tersiram+air+panas

LEAVE A REPLY