GGDC Kuliner: Gubug Makan Mang Engking

130
Gubug Makan Mang Engking via gulangguling.com

GULANGGULING.COM | Kuliner – Selamat pagi, selamat happy! Masih semangat jalan-jalan dan makan-makan di seputaran Jogja? Kalalu kemarin kita sudah berkunjung makan kepiting, maka tema hari ini juga masih seputar seafood. Yuk, kita melipir ke bagian barat Sleman, karena disanalah Gubug Makan Mang Engking berada.

Gubug Makan Mang Engking berlokasi di kecamatan Minggir, Godean, Sleman. Walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, jangan salah ya, banyak pengunjung yang rela berjauh-jauh datang kemari untuk menikmati sajian dan suasana pedesaan yang segar. Dilihat dari namanya, maka sudah bisa ditebak ini pasti Urang Sunda punya ya. Adalah Engking Sodikin, nama empunya rumah makan ini. Beliau hijrah dari Tasikmalaya ke Yogyakarta sekitar tahun 1996 dan kemudian mengembangkan usaha budidaya udang galah dan ikan air tawar. Usaha inilah yang kemudian berkembang besar hingga sekarang. Gubug Makan Mang Engking sendiri sudah memiliki beberapa cabang di kota Yogyakarta dan di kota-kota besar seperti Semarang, Jakarta, bahkan Bali.

panorama yang menyegarkan mata.
panorama yang menyegarkan mata.

Ada yang unik di rumah makan ini, yaitu model gubug makannya. Model gubug ini pada dasarnya model gubug asli (bernuansa alam di desa), namun dinamai “Gubug Berlobang”, yaitu gubug yang berlobang pada bagian meja. Hal tersebut sangat berguna bagi orang yang senang duduk lesehan, namun menginginkan kaki tetap bisa leluasa (tidak ditekuk). Model meja tersebut cukup menarik dan hingga kini masih dipertahankan Mang Engking.

Menu utama yang menjadi idola di rumah makan ini adalah udang bakar madu. Udang bakar yang dibumbu dengan madu membuat cita rasanya legit dan mantap. Udang yang digunakan adalah jenis udang galah, berukuran cukup besar dan membuat penikmatnya puas. Udangnya sendiri adalah udang segar yang baru ditangkap, karena sebenarnya gubug makan ini berdiri di atas tempat budidaya udang tersebut. Pengunjung bisa melihat langsung udang dan ikan yang dibudidayakan.

pengunjung bisa menikmati fish spa juga.
pengunjung bisa menikmati fish spa juga.

Selain udang bakar madu, menu yang bisa dipilih oleh pengunjung cukup bervariasi. Olahan udang bisa dipesan sesuai selera, yaitu: udang bakar madu, udang saus tiram, udang saus padang, udang asam manis, dan udang goreng. Adapula olahan ikan dan kepiting, sayur dan lalapan, dan tentu saja sambal. Harga untuk 1 kg udang galah bervariasi, udang galah super seharga IDR 117,000 dan udang galah standar IDR 109,000. Untuk harga gurame juga beragam, yaitu: ukuran besar IDR 54,500, ukuran sedang IDR 44,500, dan ukuran kecil IDR 34,500. Harga ini sebanding dengan kualitas rasa dan suasana yang didapatkan pengunjung. Jadi, selamat jalan-jalan mencari dan menikmati ya!

Jangan lupa kemari juga:

LEAVE A REPLY