Cara Menambah Viewers YouTube

3449

GULANGGULING.COM | YOUTUBE – Sekarang ini banyak yang berlomba-lomba ‘berkarya’ di YouTube. Situs video terbesar se-jagat dunia maya ini memang menjadi ladang baru untuk para penggali uang dollar. YouTube adalah tempat dimana sebuah karya video dapat menghasilkan jutaan dollar.

Yang paling nge-hits di dunia per-YouTube-an saat ini adalah VLOG. VLOG bisa disebut juga dengan Video Log adalah jelmaan dari BLOG. Dulunya orang berbagi kesehariannya melalui tulisan (BLOG), namun kini disajikan dalam bentuk video (Video Log).

Beberapa deretan nama artis banyak yang membuat VLOG, mereka membuat video keseharian hingga mungkin sebuah karya nyata dalam bentuk video. Iming-iming pendapatan yang dibagikan oleh pihak YouTube jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku VLOG ataupun creator Video di YouTube.

Sebenarnya tidak hanya Vlogger (pembuat vlog) yang dapat berkarya disana, seorang creator film atau komposer musik juga dapat menghasilkan pundi-pundi dollar dari YouTube.  Bahkan upload video “asal-asalan” pun mampu menghasilkan dari YouTube.

Secara sederhana cara mencari uang di YouTube adalah “mudah”. Anda cukup Upload video, lalu carilah viewers untuk video tersebut. Semakin banyak yang menonton video Anda, maka hasilnya juga akan banyak. Walaupun secara fakta ternyata jumlah viewer tidak seratus persen menggambarkan jumlah pendapatan. Untuk jelasnya coba baca artikel kami sebelumnya.

| Baca disini: Bagaimana Cara Hitung Pendapatan Uang di YouTube 

Dalam prakteknya, meningkatkan jumlah viewer yang banyak itu ternyata tak semudah yang dibayangkan. Jika video Anda tidak cukup bagus dan tidak cukup menarik maka bukan tidak mungkin akan menghasilkan viewer yang sedikit. Kecuali Anda sudah jadi selebriti loh, kalau sudah seleb mau upload video bagaimanapun saya jamin bakal banyak yang nonton.

Sebelum kita lanjutkan pada inti dari tulisan ini mari kita simpulkan bahwa; “Jumlah Viewers akan menentukan jumlah pendapatan, semakin banyak yang nonton video semakin banyak pula penghasilan“. Oke setuju ya? Berangkat dari kesimpulan itu lalu muncul pertanyaan; bagaimanakah cara menambah jumlah viewer YouTube?

Banyak user yang mulai menggunakan jasa perusahaan-perusahaan advertising untuk menambah viewers atau penonton YouTube. Cara ini terbilang cara yang curang alias tidak betul, kalau dalam bidang hacker itu biasa disebut dengan blackhat. Walaupun ada saja user YouTube yang berhasil dengan cara ini, namun tak sedikit pula yang terkena suspended atau penghapusan channel.

Menurut aturan cara ini adalah cara yang akan membahayakan channel Anda. YouTube secara tegas menuliskan bahwa menggunakan jasa untuk menambah viewer atau penayangan video dapat melanggar aturan, dan tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan akun anda dihentikan/suspended.

Mengingat aturan YouTube sangat ketat dalam hal ini, maka sebaiknya carilah cara lain untuk menambah jumlah viewers. Konsep sederhananya adalah buatlah Channel anda menarik. Menarik disini banyak artinya, bisa jadi Anda menampilkan video yang disukai banyak orang. Ya misalnya bikin cover musik, video experiment atau bikin VLOG (kalau pede sih).

Berikut ini adalah cara untuk menambah viewer YouTube tanpa harus membayar! Cara ini merupakan hasil pengumpulan informasi dari beberapa sumber :

Buatlah Thumbnail yang bagus.

Cara ini terlihat simple, namun pada nyatanya langkah ini adalah awal untuk mengundang klik dari calon penonton video. Kriteria thumbnail yang bagus itu banyak, buatlah thumbnail dengan gambar yang mengundang dan menarik, misalnya: gambar wanita sexy. Saya tidak memberi contoh yang tidak baik sih, tapi sebaiknya thumbnail itu mencerminkan dari isi video. Buatlah thumbnail dengan warna-warna yang menarik, dengan gambar yang memiliki resolusi baik dan bukan pecah-pecah atau blur. Tambahkan tulisan atau secarik judul kata untuk menambah daya tarik dari Thumbnail Anda.

Membuat judul singkat dan menarik.

Selain Thumbnail, judul adalah bagian awal dan terpenting untuk mengundang penayangan video kamu. Buatlah judul lebih variatif, buatlah judul yang kira-kira menggugah rasa ingin menonton dari para user. Jangan buat judul terlalu panjang, buatlah judul video sesingkat dan sepadat mungkin. Jangan terlalu mendramatisir judul dan yang terpenting buatlah keterkaitan yang kuat antara judul dan isi video agar penonton merasa nyaman dengan menonton Videomu.

Pilih tag yang baik untuk SEO.

Secara harfiah penggunaan dan pemilihan tag tidak kalah pentingnya. Sebuah video di YouTube kita ibaratkan sama seperti konten tulisan. Penggunaan Tag jelas bermaksud agar mesin pencari dapat menemukan video Anda. Pilihlah tag yang bagus untuk menggambarkan isi video. Jika kamu ingin sedikit bermain nakal pakailah tag tag yang banyak dicari oleh orang untuk mendongkrak jumlah viewer.

Tulis deskripsi video yang baik.

Kolom deskripsi adalah wadah komunikasi antara Anda dan penonton. Deskripsi bisa Anda jadikan tempat untuk memberikan detail dari isi materi video, Anda juga dapat meminta user untuk menggali informasi lebih jauh tentang video yang buat seperti menyertakan beberapa sumber lain. Selain itu anda juga dapat meyakinkan user untuk melakukan subscribe pada channel Anda.

Buat posting video Rutin, Terjadwal dan Terkonsep

Upload video secara rutin akan mengundang subscribe dari para penonton. Jika memungkinkan buatlah serial dari video-video kamu. Paling mungkin sih biasanya video macam Vlog, Tutorial, atau jenis-jenis video yang satu tema seperti akun Kok Bisa itu lho.

Channel DOES milik Erix Soekamti adalah salah satu channel favorit kami. Dalam channel tersebut mas Erix sukses membuat para penonton ketagihan untuk menonton serial video-nya. Erix cukup rutin membuat video dan bahkan beliau berhasil membuat inspirasi untuk para penontonnya. Salah satu gerakannya adalah mendirikan DOES University, sebuah sekolah animasi. Video yang dibuat Erix juga bukan video asal-asalan, beliau membuat video yang bagus dengan seni cinematik yang indah. Hal tersebut membuat video-videonya dinanti para subscribernya.

Gunakan Berbagai Bahasa.

Penggunaan berbagai bahasa sedikit banyak akan menambah jumlah viewer. Apabila Anda fasih berbahas Inggris, itu akan jadi nilai plus. Terlebih jika Anda membuat video dalam bahasa Inggris jelas itu akan meningkatkan jumlah Interest para penonton. Bisa jadi Video Anda go internasional macam Agnes Mo itu lho.

Kenal Fathia Izzati ? Vlogger asal Indonesia ini ternyata jauh lebih terkenal di Luar Negeri sebelum sekarang juga booming di negara kita. Fathia Izzati terkenal diluar negeri karena berbagai video Vlog nya banyak menggunakan bahasa Inggris, selain memang dia dulunya tinggal di Luar sih. Yang jelas penggunaan bahasa itu cukup penting untuk menggaet jumlah penonton.

Meminta Penonton Untuk Subscribe

Tidak dipungkiri bahwa jumlah viewer jadi dewa di YouTube dalam hal mencari uang. Meminta penonton untuk melakukan subscribe jelas menjadi salah satu cara agar video Anda tetap exist ditonton. Semakin banyak user yang subscribe akun Anda maka kemungkinan banyak pula ditonton, minimal setidaknya sama subscriber mu sendiri.

Cara meminta user untuk subscribe paling efektif menurut saya adalah melalui isi videomu, biasanya pada akhir video ada sedikit footage untuk meminta like share dan subscribe. Atau bisa lewat deskripsi dari video-mu sendiri.

Go Viral melalui Sosial Media

Sosial media lain jelas menjadi penopang sumber-sumber penonton videomu. Beruntung jika kamu memiliki jumlah followers bejibun, maka itu jadi nilai plus sendiri karena sekali kamu bagikan ke media sosial lain, maka bukan tidak mungkin mereka akan menonton video-mu. Maka berbagilah di sosial media lain, seperti Twitter, Facebook, Path, WhatsApp, Line dan lain lain.

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan jumlah viewers dari YouTube. Sebenarnya masih banyak lagi cara dengan strategi marketing seperti meng-endorse produk dan lainnya. Sementara itu dulu yang kami bagikan. Jika ada yang ingin menambahkan silakan tambahkan pada kolom komentar, jika ada yang salah silakan juga protes pada kolom komentar.

Sekian dari kami, salam YouTubers!

Baca Topik YouTube Lainnya : 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY