Berbagi Pendapatan YouTube dengan Pemilik Musik

3221
Youtube via pixabay

GULANGGULING.COM | BLOG – Sebuah pesan notifikasi muncul ketika membuka halaman dashboard YouTube. Entah sejak kapan notif atau fitur ini ada, yang jelas saya baru menemui ada informasi bahwa sekarang youtube telah menyediakan halaman khusus untuk kita dapat memilih dan menggunakan musik populer dengan cara berbagi pendapatan dengan pemilik musik.

Good news! You can now earn money on videos that include popular songs.

YouTube Goodnews
YouTube Goodnews

 

Setelah dilihat, halaman ini bernama Music Policies hampir sama dengan halaman Audio Library namun halaman ini berisi lagu popular dari artis-artis yang dapat kita gunakan. Kalau dilihat sih disini ada daftar lagu yang memungkinkan kita gunakan namun tetap perlu beberapa role atau peraturan yang disyaratkan.

Jika dilihat dari keterangan di salah satu contoh musik disana, kita dapat melakukan Monetization dengan melakukan share revenue yang diperoleh. Menurut keterangannya sih begini : You may be able to share revenue from your video with the copyright owner of this song Learn more.

Setelah dilihat-lihat fitur ini hampir sama dengan aturan ketika kita membuat cover musik atau lagu orang lain. Seperti yang pernah saya tuliskan, bahwa melakukan cover musik atau lagu orang lain itu halal dilakukan di YouTube, kita tetap bisa memperoleh pendapatan dari cover musik, tentunya dengan review dan persetujuan dari pemilik lagu aslinya.

Dengan menggunakan musik-musik yang sudah popular ini diharap kita bisa menciptakan video yang menarik. Siapa tau gara-gara musik yang familiar bisa-bisa membuat viewer jadi lebih banyak, walaupun isi videonya cuman jalan-jalan atau sepedaan kayak punya saya itu lho. Haha!

Oh ya, lagu yang disediakan ngga cuma lagu popular barat lho. lagu Indonesia juga banyak, kamu bisa gunakan fasilitas search untuk menemukannya.

Kira kira gitu dulu deh yah.

oke bye!! 🙂

Baca Topik YouTube lainnya:

 

 

 

3 COMMENTS

    • Sejauh yang saya lihat, musik yang dicantumkan tidak hanya yang di sharing revenue. Ada juga musik yang Not eligible for revenue sharing. Kita bisa melakukan pencarian berdasarkan filter yang sudah disediakan pada halaman tersebut kak. 🙂

  1. Bagus banget artikelnya, tapi saya mau tanya. Jumlah viewer video saya sudah 1 juta lebih, namun tiba2 ada salah satu audio yang kena klaim hak cipta. Akhirnya video saya yang awalnya bisa di monetisasi jadi tidak bisa. Ketika saya mencoba menghapus lagu nya, atau mengganti nya dengan musik yang disediakan gratis oleh youtube muncul pemberitahuan “Anda tidak bisa menyimpan perubahan pada video ini dikarenakan terlalu banyak viewer” (kurang lebih seperti itu).
    Adakah solusinya, misal cara lain penghapusan audio atau cara berbagi hasil dengan pihak penggugat, agar video saya bisa saya monetisasi kembali? Terima kasih.

LEAVE A REPLY