Tips Memanggang Kue Kering Dengan Oven Tangkring

ilustrasi-oven
Ilustrasi oven via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Tips – Dalam dunia per-baking-an, selalu dikenal cara memasak dengan dipanggang. Proses memasak makanan dengan memanggang ini tentu saja salah satunya bisa dilakukan dengan bantuan oven.

Oven sendiri memiliki banyak jenis, antara lain: oven listrik, oven gas, dan oven konvensional atau oven kompor atau yang lebih banyak disebut dengan oven tangkring. Disebut oven tangkring karena memang oven ini terpisah dan memerlukan bantuan kompor untuk menggunakannya. Dan juga posisi oven ini seolah-olah nangkring di atas kompor.

Banyak orang memilih untuk menggunakan oven tangkring sebagai alat bantu memanggang. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa oven ini mudah didapat pertama karena harganya yang terjangkau, dan juga tidak memerlukan listrik. Namun begitu, banyak juga yang merasakan kesulitan dalam pengunaan oven tangkring ini, terutama bagi mereka yang masih belajar baking. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa memanggang menggunakan oven tangring ini tricky. Susah-susah gampang, kita perlu mengetahui seluk beluk oven tangkring terlebih dahulu sebelum menggunakannya, dan juga banyak-banyak praktek agar mahir.

Nah, setelah kemarin kami berbagi resep kue kering untuk lebaran, kali ini kami akan berbagi tips memanggang kue kering dengan oven tangkring. Sila disimak, beberapa tips yang kami adaptasi dari berbagai sumber ini ya.

  1. Letakkan oven di atas kompor tepat di tengah agar panas merata. Hal ini juga menghindari hasil kue yang miring atau tidak rata.
  2. Kelemahan oven tangkring adalah tidak adanya pengatur suhu yang tepat untuk menunjukkan berapa tepatnya suhu oven saat dipanaskan, hal ini bisa diakali dengan menambahkan sendiri termometer oven untuk diletakkan di dalam oven sehingga kita bisa mengetahui suhu oven.
    Jika tidak memiliki termometer oven, kita bisa menggunakan tangan sebagai pendeteksi suhu (tentu saja juga dengan ilmu feeling). Patokannya, apabila tangan kuat berada dalam oven hingga hitungan ke 15 detik, kesimpulannya suhu oven kira-kira di bawah 180°C. Kalau hanya kuat hingga hitungan ke 10 detik, suhu kira-kira 200°C atau lebih.
  3. Hindari pemakakaian rak lebih dari satu atau bertumpuk jika oven kita kecil, karena panas jadi kurang maksimal merata. Jika oven kecil, sering putar-putar posisi loyang saat memanggang kue kering agar tidak gosong di bagian pinggir dan juga matang merata.
  4. Untuk mengatasi suhu oven panasnya tidak merata bisa dilakukan beberapa trik berikut ini:
    (1) letakkan loyang berisi pasir atau air di bagian dasar oven, hal ini berguna untuk menyerap panas dan meratakan suhu yang terlalu tinggi dari oven.
    (2) jauhkan oven dari kompor. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganjal bagian bawah oven sehingga tidak langsung bersentuhan dengan api. Bagian bawah bisa diganjal menggunakan besi atau batu yang ditumpuk. Jangan lupa pastikan oven stabil setelah diganjal.
  5. Tepat dalam penggunaan rak-rak dalam oven. Biasanya rak paling bawah tidak digunakan karena paling panas dan bisa menyebabkan kue gosong. Gunakan rak bagian tengah atau atas, dan jangan lupa untuk rajin memutar posisi loyang agar matang merata.

*note: untuk model oven tangkring putaran hawa, yaitu model dengan lubang-lubang di bagian atasnya, ada petunjuk penggunaannya yaitu:
posisi lubang terbuka: untuk memanggang kue kering
posisi lubang tertutup: untuk memanggang cake/bolu (agar adonan mengambang baik)

Oya, tips untuk pemakaian oven tangkring baru. Biasanya, barang baru pastinya punya treatment khusus sebelum benar-benar siap digunakan. Hal ini juga berlaku pada oven tangkring. Sebelum baking pakai oven baru, sebaiknya oven dipanasi dulu sampai tidak berbau sangit/gosong lagi. Jangan khawatir jika mulai muncul asap dan bau gosong, memang seperti itu kalau baru. Cukup dimatikan apinya sejenak, lalu dinyalain lagi. 3-4 kali lah, baru bisa hilang bau gosongnya. Jika bau gosong sudah hilang saat itulah oven sudah bisa dipergunakan.

Sekian tips yang bisa kami bagi seputar tips memanggang kue kering dengan oven tangkring. Semoga tips ini bermanfaat dan semoga kue keringnya berhasil yak! Salam baking!

Sumber: Diah Didi’s Kitchen, Catatan Kecil Yoen, Femaledaily Forum, Delichious Cakery



Incoming search terms:

tips memanggang cake dengan oven tangkring.  cara menggunakan oven kompor.  fungsi lubang di atas oven.  tips memanggang kue kering dengan oven tangkring.  cara memanggang bolu dengan oven kompor.  https://gulangguling com/2016/06/23/tips-memanggang-kue-dengan-oven-tangkring/.  tips memanggang kue sus dengan oven tangkring.  cara menggunakan oven tangkring.  oven tangkring.  cara menggunakan oven hock model tempat arang.  fungsi lubang atas oven tangkring.  cara menggunakan oven tangkring bima.  cara menggunakan oven kaleng.  cara menggunakan oven tangkring pertama kali.  membuat oven tradisional.  cara menggunakan oven hock model putaran hawa.  cara memanggang kue dengan oven tangkring.  cara menggunakan oven hock.  cara menggunakan oven kompor gas.  perbedaan oven hock no 1 2 3 4.  oven manual.  tips menggunakan oven tangkring.  cara memakai oven tangkring.  cara menggunakan oven hock arang.  cara pemakaian oven kompor.  cara memakai oven kompor.  cara memanggang roti dengan oven tangkring.  cara memanggang kue kering dengan oven tangkring.  cara menggunakan oven otang.  fungsi lubang diatas oven.  cara menggunakan open kompor.  oven yang bagus untuk memanggang kue.  Cara memanggang bolu dengan oven tangkring.  cara pakai oven kompor.  cara menggunakan otang.  oven tangkring dengan pengatur suhu.  fungsi lubang diatas oven tangkring.  cara menggunakan oven tangkring hock.  cara penggunaan oven kompor.  cara menggunakan oven tangkring baru.  cara memanggang bolu gulung dengan oven tangkring.  cara pemakaian oven tangkring.  cara menggunakan oven tangkring untuk kue kering.  cara membuat kue kering dengan oven kompor.  fungsi lubang di atas oven kompor.  kue kering oven kompor.  cara penggunaan oven tangkring.  resep nastar pake oven hock.  cara menoven kuker di oven tamgkring.  cara menggunakan oven.  

1 COMMENT

LEAVE A REPLY