Jangan konsumsi FG Troches sembarangan!

132951
Gambar FG Troches

Salam sehat teman semua! Semoga sehat dan semangat selalu, okay!

Seminggu belakangan ini kesehatan keluarga agak sedikit terganggu, pasalnya ibu dan adik saya terserang gejala yang tidak menyenangkan yang bikin harus istirahat. Badan panas dingin meriang, nafsu makan menurun, dan tenggorokan meradang. Sangat tidak mengenakkan. Terutama soal radang tenggorokan, serba salah rasanya, bicara sulit, menelan sakit, padahal pada saat sakit kita harus memperbanyak asupan makanan dan cairan.

Terus gimana nih solusinya? Dari obat yang dikonsumsi sebagai pereda gejala sakit tersebut salah satunya adalah Troches. Lalu muncul pertanyaan berikut, “troches itu obat radang tenggorokan bukan sih? (sambil ngemut troches)”

Apa itu troches? Saya sendiri baru tau ada obat bermerk ini beberapa tahun lalu waktu mas suami (waktu itu masih pacar) sakit tenggorokan dan konsumsi obat tersebut. “Obat tenggorokan, rasanya kayak permen,” katanya begitu. Saya waktu itu hanya ber-ooo saja karena memang baru tahu. Terus troches sendiri itu obat macam apa sih?

Karena penasaran, guglinglah saya.

Dari keterangan situs yang saya baca, troches (nama dagang: FG Troches) adalah obat golongan antiseptik mulut dan tenggorokan, yang berguna membantu membunuh bakteri penyebab penyakit di mulut dan tenggorokan. Troches ini mengandung antibiotik dan dikonsumsi dengan cara dihisap, dosis untuk anak adalah 1 tablet, dan dewasa 1-2 tablet. Dosis tersebut bisa dikonsumsi 4-5 kali sehari.

Loh, ternyata obat ini mengandung antibiotik lho, dan setahu saya antibiotik tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Dan sepengetahuan saya, pada umumnya radang tenggorokan itu berasal dari virus (virus ini yang juga menyebabkan common cold (pilek) dan influenza) jadi gak cocok kalau diobati menggunakan antibiotik, karena antibiotik adalah obat untuk penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Terus berarti salah dong kita? Yuk mari, kita cari tau lebih lanjut. Berikut ini adalah potongan kultwit dari @SobatObat

Dari kumpulan twit @SobatObat kita dapat membaca informasi lebih lanjut soal obat troches. FG Troches rasional apabila digunakan untuk mengobati masalah radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Dan bahwa sebaiknya penggunaan obat ini tidak sembarangan dan harus dengan resep dokter. Selain itu penggunaan antibiotik yang tidak tepat secara berulang kali bisa menimbulkan efek kebal, sehingga suatu penyakit tidak akan mempan dengan obat yang sama.

Nah, penyebab radang tenggorokan sendiri selain disebabkan oleh infeksi virus, bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri, salah satunya yaitu bakteri Streptococcus pyogenes, atau group A streptococcus.

Selain itu, radang tenggorokan juga bisa disebabkan bukan hanya dari infeksi, namun berasal dari alergi, iritasi, atau GERD (gangguan asam lambung). Dalam kasus-kasus tersebut, tentunya memerlukan penanganan atau treatment obat yang berbeda. Lebih bijak apabila kita memastikan penyebab radang tenggorokan dengan berkonsultasi ke dokter sehingga bisa mendapatkan penanganan obat yang tepat.

Lalu sebenarnya apa sih kandungan FG Troches? Saya kutipkan informasi dari artikel berikut. FG Troches mengandung 2 jenis antibiotik. Seperti disampaikan dalam twit Sobat Obat, antibiotik tersebut digunakan sebagai nama dagangnya: F dan G.

F untuk antibiotik Fradiomycin sulfate.

Fradiomycin sulfate disebut juga Neomycin Sulfate yang merupakan antibiotik golongan aminoglikosida. Antibiotik golongan ini bersifat bakterisida (bersifat menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri) dengan menghambat sintesa protein yang diperlukan bakteri untuk tumbuh. Fradiomycin tidak dapat membunuh virus, bakteri anaerob, dan jamur/fungi. Efek samping pada Fradiomycin berpotensi menyebabkan nursing infant sehingga antibiotik folongan Aminoglikosida termasuk salah satunya Fradiomycin, dan sebaiknya tidak digunakan pada ibu menyusui.

G untuk Gramicidin-S HCl.

Gramicidin-S merupakan antibiotik yang bersifat lokal. Yang dapat secara aktif melawan bakteri gram positif, negatif dan jamur. Radang tenggorokan merupakan salah satu penyerta dari penyakit influenza yang kebanyakan disebabkan oleh virus. Sehingga jika menderita radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus penggunaan obat FG Troches menjadi tidak rasional. Karena salah satu kandungan obat FG Troches, yakni Fradiomicyn tidak dapat untuk menghambat dan membunuh virus.

Ada satu lagi varian dari obat troches ini yang dikenal dengan nama SP Troches. Nah, SP Troches ini meskipun namanya mirip, namum sangat berbeda dengan FG Troches. SP Troches berisi Dequalinium Klorida 0,25 mg yang berfungsi sebagai antiseptik mulut dan tenggorokan. Karena itu, SP Troches relatif bisa dikonsumsi sewaktu-waktu dan dijual bebas tanpa resep dokter. SP Troches diklaim dapat efektif membunuh kuman, bakteri dan jamur di mulut dan tenggorokan. SP Troches diedarkan umum dengan beberapa varian rasa.

FG Troches dan SP Troches
Beda FG Troches dan SP Troches

Demikian sedikit info soal obat troches yang saya tahu dan bisa saya share ke teman-teman semua. Belajar melek soal obat yang kita konsumsi yuk, sehingga bisa tepat guna dan tidak merugikan tubuh kita sendiri. Jangan lupa untuk olahraga dan konsumsi sayur buah. Ciaooo!

Baca juga informasi Minuman yang disarankan dan tidak disarankan dikonsumsi anak disini

Sumber: Mediskus, Sobat Obat, Kompasiana

gambar dari hidupkusehat.com

Penawaran! Dermawand Oxygenating Skin Care System - Putih + Gratis Headband

Kencangkan kulit wajah anda dengan produk dari Lazada.

RP 189.000
Sebelum RP 1.000.000Diskon 81%
alatkesehatankulit
  • Mengencangkan Kulit Wajah
  • Menghilangkan Keriput & Jerawat

 

Incoming search terms:

fg troches.  fg troches meiji.  troches.  obat fg troches.  fg troces.  https://gulangguling com/2015/05/07/jangan-konsumsi-fg-troches-sembarangan/.  obat meiji.  obat troches.  fg trosis.  manfaat fg troches.  fg troches untuk anak.  troces.  bahaya FG Troches.  troches meiji.  dosis fg troches.  harga fg troches.  aturan minum fg troches.  f g troches.  fg troches harga.  Aturan Pakai fg troches.  obat FG TROCHES MEIJI.  fg troches adalah.  fg troches meiji obat apa.  obat fg.  khasiat fg troches.  fg troches obat apa.  kegunaan fg troches.  fg troches meiji obat untuk.  fg troches dosis.  meiji obat.  harga fg troches 2016.  indikasi fg troches.  fungsi obat fg troches.  fg troches untuk ibu hamil.  fg troses.  fungsi fg troches.  cara minum fg troches.  troces obat tenggorokan.  kegunaan obat fG TROCHES.  fg throces.  kegunaan obat meiji.  fj trosis.  FG Tro.  FG trocis.  fc troches.  manfaat fg troces.  aturan minum meiji.  fungsi obat fg troches meiji.  kumpulan obat mabuk perjalanan.  fg troches antibiotik.  

 

 

Incoming search terms:

fg troches.  fg troches meiji.  troches.  obat fg troches.  fg troces.  https://gulangguling com/2015/05/07/jangan-konsumsi-fg-troches-sembarangan/.  obat meiji.  obat troches.  fg trosis.  manfaat fg troches.  fg troches untuk anak.  troces.  bahaya FG Troches.  troches meiji.  dosis fg troches.  harga fg troches.  aturan minum fg troches.  f g troches.  fg troches harga.  Aturan Pakai fg troches.  obat FG TROCHES MEIJI.  fg troches adalah.  fg troches meiji obat apa.  obat fg.  khasiat fg troches.  fg troches obat apa.  kegunaan fg troches.  fg troches meiji obat untuk.  fg troches dosis.  meiji obat.  harga fg troches 2016.  indikasi fg troches.  fungsi obat fg troches.  fg troches untuk ibu hamil.  fg troses.  fungsi fg troches.  cara minum fg troches.  troces obat tenggorokan.  kegunaan obat fG TROCHES.  fg throces.  kegunaan obat meiji.  fj trosis.  FG Tro.  FG trocis.  fc troches.  manfaat fg troces.  aturan minum meiji.  fungsi obat fg troches meiji.  kumpulan obat mabuk perjalanan.  fg troches antibiotik.  

13 COMMENTS

  1. Dapat reverensi dari mana anda klo radang tenggorokan di sebabkan oleh virus, faktanya radang tenggorokan itu di sebabkan oleh bakteri “streptococus”. Jadi fg troches bisa di jadikan pilihan utama radang tenggorokan karna kombinasi 2 jenis antibiotiknya, asalkan benar dosis dan cara penggunaannya
    #janganberbagiilmuhoak

    • Yap, betul sekali mas Farid. FG Troches rasional apabila digunakan untuk radang tenggorokan yang penyebabanya berasal dari infeksi bakteri, dengan rekomendasi dari dokter. Terimakasih masukannya, salam sehat!

    • Lebih bijak lagi jika konsumsi antibiotik dengan resep dokter, mas Faesal. Kami sudah meng-update artikel kami dengan menyertakan informasi mengenai SP Troches. Terimakasih sudah berkunjung. Salam sehat!

  2. Maaf mbak dirottsaha
    Saya setuju dengan pendapat mas farid ali
    Radang tenggorokan itu kebanyakan di sebabkan oleh bakteri kadang juga jamur bukannya virus
    Mohon di perbaiki artikelnya mbak biar gak salah kedepannya
    Mksh

    • Maaf mbak dan mas farid ali.. tlg di baca dan dicerna artikelny.. kan di atas dia tulis.. “sepengetahuan saya” kemudian yuk kita cari tahu… na di paragraf selanjutnya penulis mulai menjelaska bahwa ternyata radang tenggorokan itu bisa disebabkan oleh virus, bakteri, jamur atau bahkan bkn krn infeksi tp karena alergi dsb…

  3. Tapi kalau saya baca dari artikel di internet .malah ada yg bilang fg troches aman, karena antibiotiknya sifatnya topikal. Berikut kutipannya “Walaupun senyawa aktifnya adalah antibiotik, sifatnya adalah antibiotik topikal. Jadi, anda pun tidak perlu kuatir menggunakan Obat Untuk Radang Tenggorokan resep dokter di apotik ini. Sebab, mekanisme kerjanya lokal dan sama sekali tidaks sistemik.”

    Jadi bingung mana yang bener.

  4. Saya Terkena radang tenggorokan sebelah kanan,sakit bgt pas menelan,buang air liur pun sakit berasa ketarik urat di leher dalam
    stelah brobat kedokter,saya dikasih FG Troces ini, setiap 3jam skali 1 Tablet
    Dkter bilang klo selama 3 hri gk da perubahan,di suruh blik lgi
    stlah 2 hari konsumsi hampir 2 strip FG Troces setiap 2-3 jam skali, alhamdulillah udah membaik hingga skarang

LEAVE A REPLY