GULANGGULING.COM | ANDROID – Kali ini kami akan berbagi cara membuat popup notifikasi di Android biar tampak lebih keren. Kalau biasanya pakai Toast, kali ini kami akan mengajak membuat notifikasi menggunakan Snackbar.

Apakah itu Snackbar? adalah sebuah pesan sederhana yang muncul dari sebuah aksi. Snackbar akan memberikan pesan dibagian bawah layar. Ya sederhananya samacam pesan notifikasi yang bisa kita tampilkan setelah user melakukan aksi tertentu.

Snackbars provide lightweight feedback about an operation. They show a brief message at the bottom of the screen on mobile and lower left on larger devices. Snackbars appear above all other elements on screen and only one can be displayed at a time.

components_toasts_mobile1Snackbar ini biasanya kita temui pada aplikasi-aplikasi miliki Google, seperti gmail, inbox, Google+ atau aplikasi-aplikasi dengan konsep material design.

Jika kita biasanya memakai Toast sebagai popup notifikasi, maka dengan adanya snackbar ini, maka kita bisa membuat popup notif pada aplikasi android menjadi lebih bagus.

Snackbar sendiri memiliki kelebihan dibanding Toast, yakni secara default dapat memiliki fungsi callback. Sebenarnya pada Toast juga dapat ditambahkan fungsi callback, namun kita perlu repot-repot membuat customnya.

 

 

Contoh aplikasi Android untuk menampilkan Snackbar dan Toast

Pada kesempatan ini saya memberikan contoh project yang berisi pengunaan snackbar. Pada project yang saya buat ini akan memberikan contoh pesan popup notification dengan snackbar dan toast. Ini adalah contoh cara membuat snackbar secara sederhana :

Untuk membuat project ini cukup mundah, silakan create new project lalu pilih API minimum misalnya ICS, pilih saja blank activity untuk layoutnya.

Tambahkan berapa tombol pada bagian layoutnya ;

 

Selanjutnya mempersiapkan aksi dari setiap tombol pada class activity :

Dengan class java diatas, maka setiap tombol disentuh maka akan menampilkan notifikasi yang terbuat dari snackbar dan toast. Untuk lebih jelasnya anda dapat download source code dari GitHub.

Download Full Source Code From GitHub

 

Incoming search terms:

aplikasi notifikasi android keren.  notifikasi android keren.  cara membuat dialog popup android.  notifikasi keren untuk android.  notifikasi keren.  cara edit popup android.  dialog popup android keren.  cara membuat pop up di android.  ubah popup android.  popup android keren.  membuat pop up notifikasi toast.  dialog pop up android keren.  cara merubah tampilan pop up android.  cara merubah popup android.  cara membuat popup di aplikasi.  cara membuat pop up nontifikasi.  cara membuat pop up di apk editor.  cara membuat dialog popup sendiri.  cara membuat aplikasi menjadi popup di androis.  

LEAVE A REPLY