Cara Membuat Aplikasi Webview di Android – Belajar Android

GULANGGULING.COM | TUTORIAL ANDROID – Halo sobat coding! kali ini kami ingin berbagi cara membuat aplikasi webview android. Bagi anda yang sudah punya website tentu aplikasi ini akan jadi lebih menarik, kenapa begitu? karena pada aplikasi ini kita akan me-load atau mengakses alamat (url) web dari dalam aplikasi Android tersebut, dengan begitu kita bak sudah punya aplikasi Android yang isinya adalah website kita sendiri. Piye? enak tho?

Well mari kita mulai saja ya, untuk dapat membuat aplikasi Android ini tentu kita akan menggunakan componen webview dan tentu saja akses permission Internet. Maka kita deklarasikan kebutuhan permission akan koneksi internet pada manifest.

Selanjutnya kita perlu membuat layoutnya dan tentunya akan menggunakan komponen Webview di dalamnyaPerthatikan file di bawah, Saya menggunakan CoordinatorLayout untuk menampilkan popup messages dalam bentuk snackbar jika devices tidak sedang terkoneksi Internet.

Pada file tersebut juga menggunakan SwipeRefreshLayout untuk memberikan fungsi pull to refresh pada webview. Jadi nanti pada aplikasi ini, kamu tinggal hold dan scroll kebawah untuk melakukan reload halaman websitenya. Keren kan? *Iya in aja deh*

Setelah punya layout diatas, tentu selanjutnya adalah saatnya menambahkan barisan kode pada class activity. Pada class Activity ini menggunakan extends AppActivity dan memberikan method implement SwipeRefreshLayout untuk fungsi Swipe to refresh.

Jika diperhatikan file diatas, ada sebuah fungsi dengan nama loadWebsite(), pada fungsi itulah aplikasi akan mencoba mengakses alamat url website yang sudah ditentukan.

Selanjutnya dengan fungsi-fungsi yang sudah kita buat di atas, maka kita sudah punya aplikasi Android yang membuka atau mengakses url website yang sudah kita tentukan seperti pada video di bawah. Untuk memudahkan membuat aplikasi, silakan download source code nya dari github kami.

Download Source Code Full di Github

 

Sekian dan Semoga bermanfaat.

Baca Tutorial Android Lainnya : 



Incoming search terms:

cara membuat webview android.  cara buat webview android com.  membuat webview apk.  membuat webview android.  cara menambahkan webview di aplikasi.  web view android terbaik.  cara buat aplikasi web view.  open code aplikasi webview aplikasi download.  memvuat webview android dengan android studio.  membuat webview android studio.  membuat swipe webview.  membuat aplikasi android untuk webview.  Membuat android webview.  fungsiil aplikasi web viev android.  demo aplikasi web view android studio.  cara membuat webview pada android.  cara membuat webview di skecthware.  cara membuat webview di android.  cara membuat webview.  cara membuat web vie.  cara membuat aplikasi webview android dengan android studio.  cara membuat apk web view.  

4 COMMENTS

    • Halo gan. Jika kamu ingin membuat webview bisa download pdf, coba tambahkan koding ini. Semoga membantu

      webView.setWebViewClient(new WebViewClient() {
      public boolean shouldOverrideUrlLoading (WebView view, String url) {
      if (url.endsWith(".pdf")) {
      startActivity(new Intent(Intent.ACTION_VIEW, Uri.parse(url)));
      // if want to download pdf manually create AsyncTask here
      // and download file
      return true;
      }
      return false;
      }
      });

  1. getMenuInflater().inflate(R.menu.menu_main, menu);

    Mas..nanya nih..perintah diatas ada “menu_main”, sebenarnya itu fungsinya untuk apa ?
    kok disaya ngga dikenal metode menu_main tsb..

    thx atas jawabannya

LEAVE A REPLY