Pin Hole – Cara Mudah dan Murah Melihat Gerhana Matahari

gambar gerhana via pixabay

GULANGGULING.COM | INFORMASI – Gerhana Matahari datang tidak setiap hari dan setiap tahun. Tanggal 9 Maret 2016 adalah momen langka dimana anda dapat menyaksikan fenomena alam. Seperti kita ketahui bersama bahwa Gerhana Matahari ini tak aman jika dilihat secara langsung atau kasat mata.

Beberapa alat seperti kacamata gerhana direkomendasikan untuk anda yang ingin melihat kejadian ini. Lalu bagaimana cara melihat gerhana matahari? Kacamata apa seperti apa yang dapat digunakan untuk melihat gerhana matahari?

Berdasarkan informasi yang kami baca/peroleh dari salah satu media di Indonesia. Gerhana matahari dapat kita nikmati dengan membuat alat dengan teknik Pin Hole atau lubang jarum. Teknik ini dibuat untuk mengurangi lebar cahaya yang masuk melalui lubang kecil.

Pinhole sebenarnya pernah diterapkan pada camera, sebuah camera pinhole berarti kamera yang tidak memiliki lensa namun menggunakan lubang kecil untuk menangkap gambar dari balik lubang tersebut.

Cara menggunakan pin hole atau lubang jarum ini tergolong cara yang mudah dan murah untuk melihat gerhana matahari. Cara pembuatnya tergolong mudah dan murah, kita dapat menggunakan kardus bekas dan kertas bekas.

[Baca juga : Kapan Sajakah Gerhana Matahari Terjadi di Indonesia ?]

Dengan kardus bekas tersebut kita dapat membuat ruangan kedap sinar, lalu dibagian sisi lainnya kita lubangi dengan jarum. Cara melihat gerhana adalah dengan melihat sinar yang masuk ke dalam kotak tersebut, jika matahari belum tertutup, maka kita akan melihat sinar yang penuh di dalam kotak. Saat matahari mulai tertutup kita akan melihat sinar tersebut tertutup perlahan. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat video dibawah tetang cara pembuatan pinhole ini.


 

Selamat menyaksikan untuk anda yang berencana untuk melihat Gerhana Matahari 9 Maret 2016. Oh ya, jika kamu tidak melihat kejadian ini, maka Gerhana Matahari diprediksi akan terjadi lagi pada tahun 2023 dan 2024. Selengkapnya kamu bisa baca tentang terjadinya Gerhana ini dari tahun ke tahun pada artikel ini : Kapan Sajakah Gerhana Matahari Terjadi di Indonesia ?

sekian!

 

#gerhanamatahari #pinhole #caramelihatgerhana

source video : tempo.co

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY