Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Hari Pertama Sekolah

80
gambar-hari-pertama-sekolah
Hari Pertama Sekolah via DPR RI

GULANGGULING.COM | Parenting – Senin, 18 Juli 2016 di Indonesia ini adalah hari pertama masuk sekolah kembali bagi anak-anak dan adik-adik kita di TK, SD, SMP, dan SMA. Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menghimbau pada orang tua untuk secara khusus mendampingi anak-anaknya di hari pertama sekolah.

Tujuan dari pendampingan orang tua di hari pertama sekolah ini salah satunya agar orang tua bisa ikut terlibat aktif dalam pendidikan anak. Karena kesuksesan pendidikan anak merupakan kolaborasi dari perhatian orang tua dan juga pihak sekolah.

Di hari pertama sekolah ini ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan oleh orang tua dan pihak sekolah mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Di era media sosial ini, tentu saja orang tua biasanya mengunggah keceriaan anak dan sekolah barunya. Tapi perhatikan hal-hal di bawah ini seperti yang diumumkan Kemdikbud.

Selain orang tua, pihak sekolah sebagai penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan apa-apa saja yang boleh dan tidak bolah dalam menghadapi siswa baru. Tradisi ospek yang melibatkan pembulian sudah tentu harus ditinggalkan. Berikut arahan Kemdikbud mengenai hal yang wajib dan tidak boleh dilakukan oleh pihak sekolah saat hari pertama sekolah.

Kembali lagi, karena kesuksesan pendidikan anak adalah kerja sama dari pihak keluarga dan pihak sekolah, orang tua dan guru diharapkan bisa saling memberi dan berbagi informasi. Apapun itu tujuan utamanya adalah untuk kebaikan anak-anak. Sekolah harus jadi rumah kedua yang menyenangkan, tempat anak menimba ilmu, dengan aman dan nyaman.

Kemdikbud membuka pintu apabila masih ditemukan pelanggaran saat hari pertama sekolah.

Selamat sekolah! Selamat belajar penuh semangat!

Sumber: Kemdikbud RI

LEAVE A REPLY